3 Tips Memilih Susu Cair yang Baik Untuk Anak Usia 2 Tahun

Tips Memilih Susu Cair yang Baik Untuk Anak Usia 2 Tahun

Anak-anak yang masih berusia 2 tahun memang sedang berada dalam masa pertumbuhan penting. Pada usia tersebut anak-anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas. Tidak hanya kebutuhan nutrisinya yang kadang lebih banyak dibandingkan orang dewasa tapi nutrisinya juga harus mudah diserap oleh tubuh.

Salah satu contohnya adalah susu. Susu merupakan salah satu minuman yang kerap dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tidak hanya rasanya yang enak, nutrisinya yang lengkap juga sangat bermanfaat bagi anak-anak. Konsumsi susu secara teratur tidak hanya menyehatkan bagi tubuh tapi juga juga penting bagi perkembangan otak anak.

Tips Memilih Susu Cair yang Pas untuk Anak

Diantara semua jenis susu yang beredar di pasaran, susu UHT merupakan jenis susu yang sering dikonsumsi masyarakat. Harganya yang murah, rasanya yang bervariasi serta mudah ditemukan dimana pun membuat susu UHT banyak diminati. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh susu UHT juga hampir sama dengan susu murni sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman pelengkap.

Namun, penting untuk Anda ketahui jika tidak semua susu UHT itu sama. Berdasarkan dari jumlah lemak yang dikandungnya, setidaknya terdapat 2 jenis susu UHT yaitu susu UHT full cream dan susu UHT rendah lemak atau rendah kalori. Susu full cream merupakan susu yang banyak mengandung lemak sehingga rasanya lebih gurih dan creamy. Jenis susu inilah yang biasanya banyak disukai oleh anak-anak.

Dari keterangan tersebut setidaknya Anda harus memiliki beberapa kriteria sebelum membeli susu bagi anak usia 2 tahun. Kandungan nutrisi yang ada di tiap susu berbeda-beda sehingga Anda harus lebih cermat memilih susu yang sesuai dengan kebutuhan anak. Agar lebih jelas, berikut beberapa tips memlih susu cair UHT yang pas bagi anak.

  1. Pilih susu cair yang full cream

Selain rasanya lebih gurih, kandungan lemak dalam susu cair ini lebih tinggi dibandingkan jenis susu lainnya. Lemak sangat penting bagi perkembangan otak anak terutama yang masih berusia 2 tahun. Pada usia tersebut otak anak sedang berkembang pesat sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

  1. Perhatikan ukuran yang tersedia

Sebaiknya Anda memilih ukuran susu yang cukup kecil. Selain karena mudah digenggam oleh anak dan mudah dihabiskan, anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi susu secara berlebihan. Kandungan gula serta zat tambahan lainnya justru bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Idealnya, anak umur 2 tahun mengonsumsi 300 ml susu agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

  1. Perhatikan kandungan nutrisinya

Saat ini banyak sekali jenis susu yang diber tambahan zat-zat lain seperti vitamanin dan mineral. Hal ini menyebabkan kandungan nutrisi setiap merek susu bisa berbeda-beda. Oleh sebab itu sebaiknya Anda teliti kandungan yang ada didalamnya apakah sesuai dengan kebutuhan anak Anda atau tidak.

Seperti susu cair anak Morinaga Chil Go misalnya. Selain kaya akan lemak, protein dan karbohidrat susu ini juga mengandung berbagai mineral penting bagi perkembangan anak. Selain nutrisinya yang lengkap, ukurannya juga kecil sehingga Anda bisa mengatur jumlah konsumsi hariannya. Rasanya juga bermacam-macam. Sejauh ini, susu cair Morinaga Chil Go telah hadir dengan 6 varian rasa berbeda yang pastinya disukai anak-anak.

Walaupun baik untuk kesehatan tapi mengonsumsi susu UHT juga tidak boleh berlebihan. Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kebutuhan kalori susu bisa mencapai 30% dari total kebutuhan harian sedangkan sisanya bisa diperoleh dari makanan. Selain itu, sebaiknya Anda tidak memberikan susu UHT pada bayi dibawah 1 tahun karena sistem pencernaannya belum sempurna sehingga bisa membahayakan.