6 Cara agar Bayi Terhindar dari Ruam Popok

6 Cara agar Bayi Terhindar dari Ruam Popok

Ada sebagian orangtua mungkin juga termasuk Anda yang selalu membeli popok dalam jumlah banyak. Di marketplace Orami, Anda bisa memborongnya karena ada promo Sweety. Namun penggunaan popok tidak mengurangi risiko dari ruam popok. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara agar bayi terhindar dari ruam popok.

1. Ganti Merek

Ruam popok merupakan kondisi peradangan atau gangguan kulit pada bayi di daerah yang tertutup popok. Tandanya adalah area pantat bayi mengalami iritasi, berwarna merah, lecet, bahkan perih jika dipegang. Kalau sudah terjadi hal ini terutama di sekitar selangkangan dan pinggang, segera ganti merek popok yang Anda beli sebelumnya. Hal ini bisa jadi disebabkan bayi Anda sensitif dengan merek tertentu.

2. Beli Popok Ukuran Sedikit Besar

Apabila Anda melihat tanda karet di sekitar pangkal paha dan pinggan bayi Anda, hal ini bisa disebabkan popok yang dipakai terlalu ketat. Oleh karena itu segera longgarkan atau Anda bisa beli popok dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Popok yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan ruam karena kulit bayi ditutup dengan rapat sehingga tidak ada sirkulasi udara.

3. Sering Cek Popok

Pada umumnya penggunaan popok pada bayi adalah selama 4 jam. Jadi, selama 4 jam tersebut Anda sering-sering mengecek popok yang dipakai anak. Apabila Anda sudah basah atau ada kotoran, segera ganti. Membiarkan anak memakai popok yang sudah kotor dapat menyebabkan kulit cepat teriritasi dan terinfeksi. Hal ini dikarenakan adanya bakteri dan kuman yang ada di popok tersebut.

4. Pilih Tisu Bebas Alkohol

Saat Anda membersihkan pantat bayi dengan menggunakan tisu basah, pastikan Anda memilih tisu basah yang bebas dari alkohol. Hindari juga memilih tisu basah yang mengandung pewangi. Pasalnya ada kulit bayi yang tidak cocok dengan kandungan ini. Kalau bisa usahakan membersihkannya dengan air..

5. Pantat Bayi Harus Kering

Sebelum memakaikan popok baru setelah ganti, pastikan Anda mengelap pantat bayi sampai bersih dan kering. Lap dan tepuk secara lembut pantat bayi dengan kain bersih yang lembut dan kering juga. Hal ini dapat mencegah kulit cepat iritasi karena kulit yang masih basah lebih berdampak daripada kulit yang kering.

6. Jaga Kebersihan

Sebelum dan sesudah mengganti popok anak, selalu biasakan untuk mencuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir. Hal ini ditujukan untuk mencegah penyebaran kuman dan segala macam virus. Meskipun Anda menggunakan tisu basah yang dikhususkan untuk mengganti popok, Anda tetap harus mencuci tangan.

Selain itu, tempat sampah yang digunakan untuk membuang popok bekas pakai, harus sering dikosongkan secara teratur setidaknya sekitar sehari sekali. Hal ini juga untuk mencegah kemunculan aroma tidak sedap dan pertumbuhan bakteri yang ada di ruangan tersebut.

Itulah beberapa cara agar anak terhindar dari ruam popok. Anda bisa mencoba ganti merek sweety dengan memanfaatkan promo Sweety. Popok ini telah dilengkapi teknologi  Diamond Layer Technology yang dapat menyerap cairan dengan cepat sehingga kulit bayi tetap kering. Selain itu popok ini juga lembut dan nyaman dikenakan.