E-Logistic, Solusi Logistik Ecommerce yang Lebih Modern

E-Logistic, Solusi Logistik Ecommerce yang Lebih Modern

Dunia online shop dan e-commerce tidak bisa dilepaskan dari logistik. Agar barang yang dipesan oleh pembeli bisa sampai ke tangan pembeli, dibutuhkan jasa logistik. Tanpa adanya jasa logistik, barang yang dipesan secara online tidak akan sampai ke tangan pembeli. Begitu pun sebaliknya, tanpa adanya e-commerce, perusahaan logistik tidak akan sebesar ini. Jadi, logistik ecommerce itu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat. Berdasarkan pernyataan dari Direktorat Jenderal Aplikasi Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, pertumbuhan e-commerce di negeri ini mencapai 78 persen. Ini merupakan angka pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia.

Apa artinya? Artinya adalah sudah banyak masyarakat Indonesia yang memilih perdagangan secara online. Ini juga berarti semakin banyak permintaan dan penawaran barang yang dilakukan melalui jaringan internet. Artinya juga, semakin besar kebutuhan toko online akan jasa logistik.

Apa Itu E-Logistic?

Dengan meningkatnya pengguna e-commerce di Indonesia, apakah pelaku usaha sudah mampu memenuhi jumlah permintaan yang ada? Jika menggunakan cara lama dan manual yang segalanya diurus sendiri, Anda sebagai pelaku usaha akan merasa kewalahan dengan permintaan yang meningkat.

Seiring meningkatnya permintaan ini,  muncul juga berbagai permasalahan yang tidak bisa dihindari. Anda sibuk dengan proses packing dan keluar masuknya barang. Anda tidak lagi memiliki waktu untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, foto produk, apalagi membuat target baru. Gudang yang Anda miliki pun tidak lagi mampu menampung stok barang yang masuk.

Sebagai jawaban atas permasalahan tersebut, kini telah hadir e-logistic. Apa itu e-logistic? E-Logistic merupakan pengelolaan jasa logistik e-commerce secara online dan real time. Pengelolaannya diserahkan kepada pihak ketiga yang sudah berpengalaman mengurusi bisang ini.

Istilah e-logistic tidak terpisah dari istilah fulfillment center, yaitu tempat yang digunakan untuk menyimpan barang yang nantinya juga akan diproses untuk diteruskan kepada pelanggan yang memesan barang tersebut.

Kemudahan Menggunakan E-Logistic

Pada intinya, e-logistic menawarkan kemudahan kepada para pelaku usaha untuk mengelola usahanya secara online dalam hal penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang. Selain itu, berikut ini adalah beberapa kemudahan lain yang ditawarkan oleh e-logistic:

1.     Gudang yang luas

Anda tidak perlu lagi bingung dengan penyimpanan barang karena e-logistic memiliki gudang yang sangat luas dan aman untuk menyimpan barang.

2.     Manajemen inventaris yang handal

Setiap barang yang keluar atau masuk didata dengan baik. Anda bisa mengecek keluar masuknya barang secara real time melalui aplikasi.

3.     Pick and pack

Tidak hanya penyimpanan, proses pengambilan dan pengemasan barang pesanan dilakukan oleh para karyawan e-logistic ini di fulfillment center yang mereka miliki.

4.     Pengiriman

Selesai pengemasan, mereka pula yang akan mengirimkan barang kepada konsumen, baik B2B maupun B2C.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan e-logistic, Anda tidak perlu lagi mengurus logistik e-commerce secara manual. Anda bisa menyerahkannya kepada mereka yang profesional. Anda bisa fokus mengembangkan usaha yang Anda miliki dan mencapai target-target baru dalam berbisnis.