Industri Kreatif 4.0: Pengertian dan Manfaatnya

Industri Kreatif 4.0

Tahukah kamu, bahwa industri kreatif 4.0 secara fundamental turut mengubah cara bisnis dalam menciptakan dan menangkap nilai menjadi sebuah produk atau jasa yang menarik?

Pergeseran ini dimungkinkan oleh serangkaian teknologi yang hadir seperti robot otonom, teknologi simulasi, integrasi sistem, Internet of Things (IoT), keamanan siber, komputasi awan, manufaktur aditif, augmented reality, dan data besar. Jadi, apa sih sebenarnya arti dari industri kreatif 4.0 itu sendiri?

Pengertian Industri Kreatif 4.0

Industri kreatif 4.0 adalah istilah umum yang mengacu pada perubahan yang terjadi dalam proses rantai nilai sebuah perusahaan.

Penggunaan istilah ini didasarkan pada revolusi industri 4.0 yang membawa perubahan dengan menawarkan cara yang lebih efektif untuk mengelola, mengatur, dan merampingkan prosedur standar dalam sektor perusahaan atau manufaktur.

Ya, industri 4.0 adalah tren perusahaan yang melibatkan penggunaan Internet of Things (IoT), otomatisasi, dan sistem fisik siber, yang semuanya menciptakan produk bisnis cerdas.

Nah, kalau industri 4.0 lebih menekankan pada teknologi yang cerdas, maka revolusi industri kreatif 4.0 pun juga sama, melakukan kombinasi kerja cerdas teknologi dan sumber daya manusia (SDM) seperti yang telah di ulas oleh berbagai sumber.

Industri kreatif 4.0 memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan teknologi dan SDM untuk mengubah model bisnis mereka secara signifikan.

Keuntungan Adanya Industri Kreatif 4.0

1.    Bisnis Bisa Lebih Meningkatkan Produktivitas

Kehadiran industri kreatif 4.0 memberi nilai tambah untuk sebuah bisnis karena  memungkinkan visibilitas yang lebih baik ke jalur perusahaan, rantai pasokan, dan penggunaan sumber daya.

Nah, visibilitas yang meningkat ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan bersaing dalam nilai-nilai bisnis seperti layanan yang ditingkatkan, produksi yang lebih bagus, dapat membuat lebih banyak produk dengan cepat, lebih efisien dan hemat biaya.

2.     Meningkatkan Efisiensi

Industri kreatif 4.0 membuat berbagai area lini produksi bisnis menjadi lebih efisien seperti peningkatan efisiensi. Laporan bulanan bisnis jadi otomatis, pelacakan keuangan jadi lebih baik, proses pelacakan hutang lebih mudah, dan sebagainya.

Dengan industri kreatif 4.0 juga, kalau kamu punya bisnis, maka kamu bisa mengambil keputusan manajemen lebih cepat karena seluruh data perusahaan lebih mudah diakses.

3.     Kualitas Produk Lebih Baik

Industri kreatif 4.0 memungkinkan kamu sebagai pebisnis untuk mengekstrak poin data dan statistik relevan lainnya di setiap tahap produksi dengan mudah. Hadirnya industri creative 4.0 membantu kamu untuk mengetahui segala perubahan kondisi atau fasilitas yang mempengaruhi kualitas produk.

Misal nih, bisnis kamu adalah produk makanan yang mengandalkan suhu. Tingkat panas atau dingin yang berubah di pabrik kamu dapat memengaruhi produksi karyawan dan memengaruhi kualitas produk.

Tapi tenang, dengan bantuan industri kreatif 4.0, kamu bisa kok menggunakan data yang diekstrak untuk menentukan suhu ideal di pabrik manufakturmu agar.

4.     Meningkatkan Peluang untuk Kerja Kolaboratif

Teknologi yang beroperasi di bawah industri kreatif 4.0 memungkinkan tenaga kerja berkomunikasi kepada atasan, rekan kerja dan bawahannya terlepas dari zona waktu, lokasi, atau faktor lainnya yang berbeda.

Artinya, dengan industri kreatif 4.0, semua tenaga kerja ini dapat bekerja sama, saling share ide, materi dan pengetahuan dengan mengandalkan teknologi yang ada tanpa harus bertatap muka. Semuanya bisa bekerja sama dengan memanfaatkan adanya perkembangan teknologi yang ada.

5.     Biaya Produksi Turun

Berinvestasi dalam teknologi industri kreatif 4.0 membutuhkan biaya sedikit karena biaya produksinya menjadi lebih murah.

Hal ini dikarenakan semua fasilitas-fasilitas di industri kreatif menggunakan teknologi yang canggih dan kerja cerdas dari tenaga kerjanya.

Sebuah bisnis akan dapat menciptakan produk lebih cepat dengan  memanfaatkan sumber daya yang lebih baik sehingga bisa menikmati penurunan biaya operasional secara keseluruhan.

6.     Lebih Banyak Peluang untuk Melakukan Inovasi

Industri kreatif 4.0 membantu kamu dan bisnismu menjadi lebih berpengetahuan tentang area manufaktur tertentu, seperti rantai distribusi, rantai supplier, dan bagaimana proses dari sebuah industri.

Industri kreatif 4.0 Ini memberi kamu kesempatan untuk berinovasi dengan menghasilkan produk baru, mengubah proses bisnis yang ada menjadi lebih baik, mengembangkan produk baru, mengoptimalkan rantai pasokan, atau meningkatkan efektivitas peralatan produksi secara keseluruhan.

Banyak sekali bukan keuntungan dari hadirnya industri kreatif 4.0 ini? Buat kamu yang memang memiliki bisnis, maka adanya industri kreatif ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Gunakan kombinasi kemajuan teknologi dan kekayaan intelektual SDM terhebat untuk memajukan bisnismu!