Keterampilan yang Dimiliki Bayi Umur 3 Bulan

Keterampilan yang Dimiliki Bayi Umur 3 Bulan

Perkembangan bayi merupakan hal yang harus diperhatikan orang tua. Perkembangan bayi umur 3 bulan biasanya yang memberikan perubahan yang signifikan membuat bayi mulai memiliki keterampilan baru sehingga membuat orang tua merasa bahagia dengan kemajuan yang dialami si kecil.

Keterampilan Bayi Umur 3 Bulan

Berat badan bayi pada usia 3 bulan bertambah 30% dan panjangnya juga bertambah 20%. Bayi juga akan mulai menunjukkan keterampilan baru yang umum terjadi namun tetap harus dibantu oleh orang tua untuk memberikan stimulasi untuk mendorong perkembangan keterampilannya.

  1. Meningkatnya kekuatan otot leher

Ketika menggendong bayi berumur 3 bulan secara tegak, kepalanya sudah minim getaran karena perkembangan otot leher yang sudah lebih kuat dan meningkat. Refleks terkejut anak pada saat bulan pertama kelahirannya juga berkurang bahkan hilang.

  1. Peningkatan kekuatan tubuh

Bayi juga sudah mulai memiliki kekuatan tubuh terutama tubuh bagian atas membuat si kecil sudah bisa mengangkat kepala saat berbaring telentang ataupun tengkurap meskipun hanya bertahan selama beberapa menit. Kekuatan tubuh bagian bawah juga sudah mulai meningkat di mana bayi mulai aktif menendang.

  1. Koordinasi tangan dan mata meningkat

Bayi mulai dapat membuka-menutup dan juga menyatukan tangannya. Ia juga mulai mencoba meraih hal yang ia liat bahkan memasukkannya ke dalam mulut. Maka dari itu ibu harus hati-hati dengan barang dan mainan si kecil agar tidak membahayakannya.

  1. Dapat berguling

Bayi umur 3 bulan sudah dapat berguling karena sendi siku, lutut, dan pinggulnya sudah lebih fleksibel dan kuat memudahkan anak bergerak dan berguling. Ibu harus memperhatikan si kecil agar tidak jatuh saat berguling di atas kasur. Siapkan kasur khusus untuk si kecil yang memiliki pembatas di sekelilingnya.

  1. Lebih peka

Bayi 3 bulan sudah lebih peka terutama pada indera penglihatan dan pendengarannya. Bayi mulai dapat memberikan reaksi ketika mendengar suara orang tua dan juga senang mendengarkan musik seperti mencari sumber suara dan tersenyum. Bayi juga lebih menyukai mainan berwarna cerah bahkan memperhatikan bayangan diri sendiri di cermin.

  1. Peningkatan kemampuan berkomunikasi

Saat baru lahir, bayi cenderung menangis sebagai caranya untuk berkomunikasi namun di usia 3 bulan ini, bayi sudah mulai berkomunikasi dengan cara lain seperti mengoceh dengan suara “uuh” atau “aah”. Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasinya, selalu ajak anak untuk mengobrol saat melakukan kegiatan sehari-hari. Bisa juga dengan membacakan buku cerita untuk meningkatkan keterampilan bahasanya.

Bayi umur 3 bulan umumnya masih membutuhkan asupan ASI ekslusif dari ibu untuk mendukung tumbuh kembangnya. Untuk menjaga kualitas dan produksi ASI, pastikan ibu memperhatikan pola makan agar nutrisi tercukupi. Lactamil Lactasis mengandung sari daun katuk untuk meningkatkan kualitas ASI serta kaya akan kandungan Omega 6 dan tinggi kalsium untuk perkembangan otak anak serta tulang dan gigi.