Penyebab Batu Ginjal dan Gejala yang Kerap Dirasakan

Penyebab Batu Ginjal dan Gejala yang Kerap Dirasakan

Penyebab batu ginjal memang berasal dari beberapa faktor. Yang pasti adalah tidak memenuhi pola hidup sehat. Mengetahui penyebab penyakit ini sangat penting, sebab bisa sebagai awal pencegahan.

Batu ginjal jika dibiarkan berlarut-larut akan membahayakan kerja fungsi ginjal. Dampaknya bisa menimpa organ tubuh lainnya. Kencing batu adalah sebutan lain dari batu ginjal.

Penyakit ini menandakan bahwa terdapat endapan batu pada kandung kemih. Endapan tersebut biasanya berupa mineral, kristal, serta asam garam yang mengeras dan menumpuk.

Gejala batu ginjal juga sulit untuk terdeteksi. Apalagi bila endapan yang menumpuk sudah dalam waktu lama. Penyebabnya sangat banyak, terutama asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Penyebab Batu Ginjal

Proses terbentuknya batu ginjal yang lama sering membuat penderita tidak menyadari akan penyakit ini. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

Kurang Minum Air Putih

Dalam kesehatan selalu ada penekanan bahwa minum air putih sangatlah penting. Minum air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu tubuh dalam mengoptimalkan kerja ginjal. Dalam sehari, alangkah baiknya minum 6 liter air putih.

Kekurangan air putih bisa menyebabkan munculnya batu ginjal. Hal ini karena mineral, garam, dan zat sampah tidak bisa terproses dengan baik. Akhirnya menyebabkan zat-zat tersebut tidak terbuang bersama urin.

Untuk mencegah timbulnya penyakit ini adalah dengan rutin mengkonsumsi air putih. Jangan biarkan tubuh merasakan dehidrasi berlebih agar cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

Konsumsi Garam yang Berlebih

Penyebab batu ginjal yang kedua adalah terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Sodium atau garam yang terkandung pada makanan sangat berpotensi sebabkan batu ginjal. Maka, untuk menjaganya harus mengurangi konsumsi garam.

Mengonsumsi Oksalat Tinggi

Jenis penyakit batu ginjal yang biasa kita temui adalah berupa endapan kalsium dan oksalat. Hal ini karena terlalu banyak mengonsumsi oksalat yang terlalu tinggi. Oksalat terkandung pada sayuran seperti bayam, buah bit, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Adanya Gangguan Penyakit Lain

Batu ginjal bisa karena penderita sudah memiliki beberapa penyakit lain. Sehingga daya tahan tubuhnya sudah rentan. Terlebih lagi penderita harus mengonsumsi obat-obatan tertentu. Nah, obat inilah yang bisa memicu adanya endapan batu.

Penyakit ini biasanya akan mengganggu kerja fungsi ginjal. Seharusnya ginjal bekerja dengan optimal, tetapi karena hal ini kerja ginjal akan terhambat. Penyebab batu ginjal yang satu ini umum terjadi pada orang tua usia lanjut.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Setelah mengetahui penyebab dari penyakit batu ginjal, saatnya beralih ke gejalanya. Sangat sulit bagi kita dalam mengetahui ciri-ciri timbulnya batu ginjal. Hal ini karena proses terbentuknya sangat lama.

Sakit Ketika Buang Air Kecil

Penderita batu ginjal akan merasakan nyeri ketika sedang buang air kecil. Berarti dalam hal ini, batu ginjal sudah mulai mengeras. Mengakibatkan terhambatnya saluran kemih.

Biasanya penderita juga banyak yang merasakan kesulitan buang air kecil. Endapan batu menghalangi keluarnya urin. Sehingga menyebabkan buang air kecil tidak lancar dan tidak tuntas.

Mengeluarkan Darah Saat Buang Air Kecil

Apabila keadaan penderita sudah parah, maka saat mereka buang air kecil biasanya akan ada darah yang ikut keluar. Hal ini karena batu tersebut sudah melukai bagian organ dalam penderita. Maka dari itu, penderita harus mengurangi konsumsi makanan yang menjadi penyebab batu ginjal.

Nyeri pada Punggung

Yang kerap sekali penderita rasakan adalah timbulnya nyeri pada punggung. Nyeri ini berasal dari ginjal yang sudah tidak bekerja dengan baik. Apalagi penderita yang juga memiliki asam urat akan lebih sering merasakan gejala ini.

Jika sudah merasakan adanya gejala sakit pada punggung, segera periksa ke dokter. Nantinya akan ada penanganan khusus, sehingga lebih aman.

Itulah penyebab batu ginjal dan gejala yang timbul. Mulailah melakukan pola hidup sehat agar tidak terserang penyakit batu ginjal dan lainnya.