Blog Media Info Terkini

Bagaimana Memilih Asuransi Penyakit Kritis? Simak Tipsnya!

0

Berbeda dengan asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat jalan dan rawat inap atas risiko sakit atau kecelakaan yang dialami, asuransi penyakit kritis biasanya menanggung risiko penyakit kritis yang dapat mengancam jiwa. Lantaran menanggung risiko yang besar, maka manfaat dan preminya juga harus besar pula. Oleh sebab itu, bagi calon nasabah yang tertarik memproteksi dirinya dengan asuransi satu ini, maka harus bijak dalam memilih asuransi penyakit kritis terbaik. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, cek!

 

  • Kenali penyakit turunan. Meski badan masih sehat dan bugar, namun penyakit turunan sulit dihindari dan dapat menyerang kapan saja. Untuk itu, kenalilah riwayat penyakit turunan keluarga dengan baik untuk memahami risiko-risiko kesehatan di masa depan.
  • Sesuaikan premi dengan penghasilan. Pilihlah biaya premi asuransi yang sesuai dengan penghasilan agar tidak mengalami kerugian. Di samping itu, dengan memilih premi yang terjangkau, maka tidak akan memberatkan di kemudian hari.
  • Kenali jangkauan perlindungan. Ketahui jenis-jenis penyakit yang mendapat perlindungan dari pihak asuransi dan sejauh mana perlindungan tersebut diberikan. Tak hanya itu, perhatikan juga bentuk perlindungan yang diberikan seperti santunan atau penggantian biaya medis, dan lain-lain.
  • Periksa santunan penyakit kritis pada polis. Cek manfaat dan santunannya, agar dapat membandingkan dengan total kebutuhan dana untuk mengantisipasi risiko di kemudian hari. Biasanya, besar santunan yang diberikan bermacam-macam, mulai dari Rp250 juta hingga Rp5 miliar.
  • Pahami pengecualian. Pengecualian pada asuransi penyakit kritis umumnya berupa masa bertahan hidup (survival period) sejak divonis penyakit tersebut. Misalnya, bila tertanggung meninggal dunia sebelum survival period berakhir, maka polis asuransi tak bisa diklaim.
  • Memilih perusahaan terpercaya. Meski tawaran premi murah dan manfaat besar sering membuat tergiur, jangan sampai menjadi korban penipuan perusahaan asuransi bodong. Pastikan produk yang dipilih berasal dari perusahaan kredibel dan berizin agar uang tetap aman.

 

Penting untuk memiliki asuransi penyakit kritis, sebab manfaat dan jaminan yang diberikan dapat meminimalisir risiko kesehatan yang akan terjadi dalam jangka waktu pendek atau panjang. Memilih produk yang tepat juga penting, agar manfaat yang diterima nantinya sebanding dengan bayaran premi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.